Ini Dia Produsen Smartphone Terbesar di Dunia

INFO GADGET - Menjamurnya pasar smartphone membuat persaingan antar produsen semakin ketat. Dampak positifnya bagi masyarakat adalah semakin terjangkaunya harga smartphone yang beredar saat ini. Namun apakah anda tahu siapa saja produsen smartphone terbesar di dunia, berikut 5 besar produsen smartphone di dunia menurut IDC.

Peringkat ke-5 diduduki oleh produsen asal China, ZTE. Pada kwartal 4 tahun 2012 lalu ZTE berhasil menjual 9.5 juta unit smartphone, naik 48.4% dibandingkan pada kwartal yang sama di tahun 2011. Kesuksesan ZTE ini lantaran banyaknya produksi ponsel dengan harga terjangkau. Sehingga ZTE saat ini semakin diperhitungkan selain di dalam negeri China sendiri yang semakin kinclong

Peringkat 4, Sony. Meskipun telah berpisah dengan Ericsson, namun Sony terus berupaya tetap menjadi produsen yang diperhitungkan seperti saat sebelum berpisah. Tampaknya usaha mereka membuahkan hasil, Sony berhasil menjadi produsen terbesar ke-4 didunia setelah sukses menjual 9.8 juta unit smartphone dengan pertumbuhan penjualan 55.6%. Sony sedang giat-giatnya memasarkan seri Xperia, Xperia Z adalah seri terakhir yang mendapatkan respon baik di masyarakat.

Huawei menjadi produsen terbesar dunia selanjutnya. Huawei sukses menjual 10.8 juta unit ponsel pintarnya di kwartal 4 tahun 2012 dengan prosentase pertumbuhan sebesar 89.5%. Huawei memang semakin agresif di dunia smartphone karena ini adalah pertama kalinya mereka masuk 3 besar produsen terbesar didunia.

Produsen smartphone terbesar ke-2 disabet oleh perusahaan besutan Steve Job, Apple. Kehadiran IPhone 5 di akhir tahun 2012 turut mendongkrak penjualan sehingga mereka tetap bertahan di peringkat 2 dunia. Apple berhasil menjual 47.8 juta unit dengan pertumbuhan penjualan sebesar 29.2%. Tak dipungkiri smartphone ini memang mendapatkan hati tersendiri di masyarakat khususnya warga Amerika.

Peringkat pertama produsen smartphone terbesar di dunia adalah Samsung. Masih tak tergoyangkan posisi produsen smartphone asal Korea Selatan setelah sukses menjauh dari kejaran pesaing-pesaingnya. Mereka berhasil menjual 63.7 juta unit ponsel dengan total pertumbuhan penjualan sebesar 76% di kwartal 4 tahun 2012. Kesuksesan Samsung merajai pasar karena berhasil membidik pelanggan dari kelas bawah hingga kelas atas.

No comments:

Post a Comment